KUALA KAPUAS, Struktur Kurikulum Merdeka SMP atau MTs
telah diatur oleh SK Mendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang pedoman
penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. SK Menteri tersebut
mengatur struktur kurikulum mulai dari jenjang PAUD, Dikdasmen, SLB, &
Kurikulum Kesetaraan (paket A, B, & C).
. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.(5P)
Profil Pelajar Pancasila terdiri dari 5
dimensi yaitu
a) Dimensi
Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, & Berakhlak MuliaAkhlak
Beragama
b) Berkebinekaan
Global
c) Gotong
Royong
d) Mandiri
e) Bernalar
f) Kreatif
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan
sekitar 25% dari total JP per tahun. Sistemnya dilakukan secara fleksibel, baik
muatan maupun waktu pelaksanaan.
a) Muatan.
Projek harus mengacu pada capaian 3P sesuai dengan fase peserta didik, &
tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran.
b) Waktu.
Projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek
penguatan profil pelajar Pancasila dari semua mata pelajaran & jumlah total
waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.
Sistematika Penulisan Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum merdeka SMP atau MTS disusun dengan sistematika yang
berbeda dengan penulis struktur kurikulum sebelumnya.
Berikut karakteristik penulisan struktur kurikulum berdasarkan kategori:
a) Muatan/Mata Pelajaran
· Mapel Pendidikan Agama (1a sd 1f) diikuti oleh peserta didik sesuai
dengan agama masing-masing.
· Muatan Seni & Budaya (No. 6) disediakan oleh satuan pendidikan
minimal 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, &/atau
Seni Tari). Peserta didik memilih 1 jenis seni.
· Satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif di SMP/MTs
menyediakan layanan program kebutuhan khusus sesuai kondisi peserta didik.
· Beban belajar bagi penyelenggara pendidikan dengan Sistem Kredit
Semester (sks) dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan
perun&g-un&gan yang mengatur mengenai sks.
b). Alokasi Waktu
- Muatan Lokal sebagai mata pelajaran pilihan paling banyak 2 JP
per minggu atau 72 JP per tahun.
- Total JP di tabel tidak termasuk Muatan Lokal,
&/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan
pendidikan.
Muatan atau Mata Pelajaran SMP atau MTS
1. Pendidikan
Agama & Budi Pekerti
2. Pendidikan
Pancasila
3. Bahasa
Indonesia
4. Matematika
5. Ilmu
Pengetahuan Alam
6. Ilmu
Pengetahuan Sosial
7. Bahasa
Inggris
8. Pendidikan
Jasmani, Olahraga, & Kesehatan (PJOK)
9. Informatika
10. Seni & Budaya
11. Muatan Lokal (Mulok)
Mapel Informatika kembali masuk di struktur kurikulum
Intrakurikuler, sebelumnya dimasukkan ke mata pembimbingan.
Tabel Alokasi Waktu
· Alokasi waktu muatan pelajaran di kelas 7 & 8 SMP/MTs sebagai
berikut:
· Struktur kurikulum merdeka kelas 7 & 8 SMP/ MTS memiliki beban
belajar yang diasumsikan 1 Tahun berjumlah di 36 minggu & alokasi waktu 1
jam pelajaran (JP) berjumlah 40 menit.
NO |
MATA
PELAJARAN |
ALOKASI |
ALOKASI P5 PER |
TOTAL JP PER |
1 |
Pendidikan Agama |
72 (2) |
36 |
108 |
2 |
Pendidikan Pancasila |
72 (2) |
36 |
108 |
3 |
Bahasa Indonesia |
180 (5) |
36 |
216 |
4 |
Matematika |
144 (4) |
36 |
180 |
5 |
Ilmu Pengetahuan Alam |
144 (4) |
36 |
180 |
6 |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
108 (3) |
36 |
144 |
7 |
Bahasa Inggris |
108 (3) |
36 |
144 |
8 |
PJOK |
72 (2) |
36 |
108 |
9 |
Informatika |
72 (2) |
36 |
108 |
10 |
Seni & Budaya**: |
72 (2) |
36 |
108 |
11 |
Muatan Lokal |
72 (2) * |
– |
72* |
Total****: |
1044 (29) |
360 |
1404 |
Struktur Kurikulum SMP/MTS KELAS 9
Struktur kurikulum kelas 9 SMP/MTs terdapat
pengurangan alokasi waktu tiap mata pelajaran. Hal ini disebabkan a&ya
pengurangan jumlah Minggu dalam setahun. Asumsi 1 tahun berjumlah 32 minggu
& 1 JP selana 40 menit.
Tabel Alokasi Waktu
Adapun rincian alokasi waktu mata pelajaran kelas 9
SMP/MTS dapat dilihat di tabel berikut:
NO |
MATA
PELAJARAN |
ALOKASI |
ALOKASI P5 PER |
TOTAL JP PER |
1 |
Pendidikan Agama |
64 (2) |
32 |
96 |
2 |
Pendidikan Pancasila |
64 (2) |
32 |
96 |
3 |
Bahasa Indonesia |
160 (5) |
32 |
192 |
4 |
Matematika |
128 (4) |
32 |
160 |
5 |
Ilmu Pengetahuan Alam |
128 (4) |
32 |
160 |
6 |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
96 (3) |
32 |
128 |
7 |
Bahasa Inggris |
96 (3) |
32 |
128 |
8 |
PJOK |
64 (2) |
32 |
96 |
9 |
Informatika |
64 (2) |
32 |
96 |
10 |
Seni & Budaya**: |
64 (2) |
32 |
96 |
11 |
Muatan Lokal |
64 (2) * |
– |
64* |
Total****: |
928 (29) |
320 |
1248 |
Pengembangan Muatan Lokal di Kurikulum Merdeka
Kurikulum merdeka membolehkan satuan pendidikan
menambahkan muatan lokal. Mulok dikembangkan sesuai karakteristik daerah &
ditetapkan oleh pemerintah daerah.
Sekolah atau Madrasah secara fleksibel dapat
mengembangkan kurikulum muatan lokal dengan 3 pilihan, yaitu
1. mengintegrasikan
ke dalam mata pelajaran lain;
2. mengintegrasikan
ke dalam tema projek penguatan profil pelajar Pancasila; &/atau
3. mengembangkan
mata pelajaran yang berdiri sendiri.