P5 : Dari "Manggalau Hingga Menjadi Rabuk Lauk Behau"





SEI TATAS, Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMPN 1 Pulau Petak sudah dimulai Sabtu tadi (16/9/2023). Projek dengan mengangkat kearifan lokal dengan tema " Membuat Rabuk Lauk Behau".  

Pengembangan karakter gotong royong berbasis kearifan lokal dikalangan siswa tersebut di awali dengan " menggalau" ikan behau (gabus) di kolam tengah halaman sekolah. 


Kebetulan tahun ini kemarau kolam kami mengalami kekeringan, sehingga ikan yang ada hanya dengan " menggalau " dapat dengan mudah didapatkan ungkap Inke Permataningsih dari Tim P5 Kearifan Lokal SMPN 1 Pulau Petak.


Selanjutnya hasil tangkapan tersebut akan siswa proses menjadi panganan Rabuk Lauk Behau, sebagaimana pada modul yang telah kami buat, tambahnya lagi.

Link Youtube P5 : https://youtu.be/46KXl2ZDcrM?si=R-TqZrbqAQ6dN6_m

Sementara itu Kepala SMPN 1 Pulau Petak Abriansyah menjelaskan bahwa disekolahnya pelaksanaan P5 pada semester ini ada dua projek yaitu tema Kearifan Lokal "Membuat Rabuk Lauk Behau" dan Suara Demokrasi "Pemilihan Ketua OSIS SMPN 1 Pulau Petak" yang akan dilaksanakan Jumat 22 September 2023.