LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH
DI MASA PANDEMI COVID 19
SMP
NEGERI 1 PULAU PETAK
A. LATAR BELAKANG
1. Dasar Kebijakan Belajar Dari Rumah
- Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 pada Masa Panderni Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bagi Satuan Pendidikan yang berada di zona kuning, orange dan merah dilarang melakukan pembelajaran tatap muka.
- Surat Edaran Mendikbud No : 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
- Surat Gubemur Kepada Daerah Provinsi Kalimantan Tengah No : 421/75//DJSDIK/2020 tentang Perpanjangan Kegiatan Belajar dari Rumah (BDR) dan awal tahun pelajaran 2020/2021.
- Surat Keputusan Bupati Kapuas No : 255/BPBDrrahun 2020 tentang Penetapan Perpanjangan ke 2 Status Tanggap Darurat Bencana Non Alam Penyebaran Covid-19 selama 28 hari.
- Surat edaran Kemendikbud No.15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelanggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).Layanan Pendidikan
Bahwa meskipun pembelajaran tatap muka tidak bisa
dilaksanakan, pendidikan tidak boleh berhenti. Layanan pendidikan terhadap
peserta didik harus tetap dilaksanakan dengan menerapkan Pembelajaran Dari Rumah (BDR).
B.
TUJUAN DAN PRINSIP PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH
Dalam pelaksanaan belajar dari
rumah ada empat tujuan yaitu :
1.
Memastikan pemenuhan hak peserta
didik untuk mendapatkan Jayanan pendidikan se]ama clarurat Covid-19;
2.
Melindungi warga
satuan pendidikan dari dampak
buruk Covid-19
3.
Mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan
4.
Memastikan pemenuhan dukungan psikososial
bagi pendidik, peserta didik dan orang
tua/wali.
Dalam pelaksanaan belajar dari rumah ada empat prinsip yaitu :
1.
Memastikan pemenuhan hak
peserta didik untuk mendapatkan
layanan pendidikan
2.
Melindungi warga satuan pendidikan
dari dampak buruk COVID-19
3.
Mencegah penyebaran dan penularan
COVID-19 di satuan pendidikan
4.
Memastikan pemenuhan dukungan
psikososial bagi pendidik, peserta didik & orang tua
C. SASARAN
PESERTA DIDIK BELAJAR DARI RUMAH
Dalam pelaksanaan belajar dari rumah semua peserta didik terlibat tanpa
kecuali, maka sasaran peserta didik belajar dari rumah adalah :
No |
ROMBEL |
Jumlah |
1. |
Kelas VII
AB |
|
2. |
Kela VIII AB |
|
3. |
Kelas IX AB |
|
|
Jumlah |
|
D. PERENCANAAN
PEMBELAJARAN BELAJAR DARI RUMAH
Dalam kegiatan belajar dari
rumah , setiap guru merancang pembelajaran sesuai kondisi masa covid 19 ini,
oleh karena itu rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru tidak
mengejar target kurikulum yang seperti kurikulum sebelumnya, rencana
pelaksanaan pembelajaran yang dibuat itu
sebisa mungkin dapat dilaksanakan sebaik baiknya, sedangkan buku yang digunakan
anak adalah buku pelajaran yang sudah disiapkan oleh sekolah, sedangkan materi
pelajaran yang diberikan diambil dari rencana pelaksanaan pembelajaran
E. METODE DAN
MEDIA PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH
Dalam masa pandemic ini SMPN 1
Pulau Petak menggunakan sistem pembelajaran offline /luar jaringan (luring)
yakni datang ke sekilah untuk mengambil tugas, dengan penjadwalan satu hari satu
kelas (Jadwal terlampir).
1.
Metode yang digunakan dalam
pelaksanaan belajar di rumah yaitu:
a. Penugasan berupa Modul dan Lembar kerja
b. Siswa hadir ke sekolah mengambil tugas dengan jadwal yang sudah ditentukan,
kemudian mengembalikannya pada jadwal berikutnya, sekalian mengambil tugas
untuk berikutnya.
2. Media dalam kegiatan belajar dari rumah
a.
Buku Pelajaran Kelas VII, VIII, dan IX
b.
Buku Referensi yang relevan
F. PENILAIAN
BELAJAR DARI RUMAH
Dalam kegiatan belajar dari rumah maka penilaian yang diberikan adalah
hasil dari penugasan dan ulangan harian, hasil tugas dan ulangan harian melalui
luring, yaitu anak anak menjawab di kertas yang sudah disiapkan sekolah dan
diantar kesekolah oleh siswa atau orang tua atau wali dengan jadwal yang
ditentukan dan diatur agar tidak terjadi bersamaan, dengan memastikan protocol
Kesehatan yang ketat.
G. KENDALA DAN SOLUSI BELAJAR DARI RUMAH
Kendala
1. Sistem
pembelajaran tidak se-efektif pembelajaran di kelas (sekolah). Hal ini terjadi
karena beberapa faktor. Misalnya pengurangan jam mengajar. Guru-guru yang
biasanya mengajar 4 jam di sekolah, terpaksa hanya bisa berkunjung /
berinteraksi dengan siswa hanya beberapa menit.
2.
Pembelajaran lebih banyak bersifat
teoritis dan minim praktik karena tidak dimungkinkan adanya interaksi langsung
dalam waktu yang lama.
Dampak
Peserta
didik akan kesulitan memahami materi yang banyak dalam waktu yang relatif
singkat. Apalagi berhadapan dengan mata pelajaran Matematika dan IPA. Mapel
ini tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama karena banyak penurunan rumus.
Itu artinya, waktu yang singkat sangat tidak cukup.
Solusi
1.
KBM yang kurang efektif, Sekolah
perlu menemukan cara tersendiri agar materi yang dipelajari sebisa mungkin
dapat dipahami oleh peserta didik (evalusi untuk mendapatkan format terbaik).
2.
Ketuntasan belajar, tidak harus
memaksa peserta didik untuk memami materi pembelajaran secara 100 %, tapi 50-70
% saja sudah cukup. Setidaknya mereka tetap memahami materi yang sedang
dipelajari.
H. HASIL
KEGIATAN
Hasil dari pelaksanaan kegiatan Belajar Dari Rumah di SMPN 1 Pulau Petak ini
adalah sebagai berikut :
1. Kegiatan
pembelajaran tetap berjalan dengan baik walaupun pelakanaannya Belajar Dari
Rumah (BDR) bagi seluruh peserta didiknya
2. Guru
tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memberi tugas untuk dikerjakan
di rumah
3. Pesrta
didik tetap mendapatkan hak-haknya untuk belajar dan berkomunikasi dengan guru
kelas walaupun dengan system luar jaringan/ offline (luring).
4. Terbinanya
hubungan baik antara sekolah dan orang tua peserta didik
5. Termotivasinya
guru dalam pengembangan inovasi pembelajaran dengan adanya kegiatan Belajar
Dari Rumah (BDR )
6. Terkumpulnya
tugas siswa
7. Telaksananya
pelaksananaan PBM
8. Terpenuhinya
surat edaran yang berupa anjuran dari pemerintah untuk melaksanakan kegiatan
Belajar Dari Rumah.
I. LAMPIRAN
a.
Jadwal Pelajaran Masa Pandemi
b.
Contoh RPP guru / contoh
penugasan
c.
Foto kegiatan
d.
Daftar Hadir Siswa
Lampiran 1
JADWAL PEMBELAJARAN
MASA PANDEMI
LUAR JARINGAN
SMPN 1 PULAU PETAK