SMPN 1 Pulau Petak Gelar Peringatan Isra & Mi'raj Nabi Muhammad SAW


 

SEI TATAS, Isra dan Mi’raj merupakan dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Dalam Isra, Nabi Muhammad SAW diperjalankan oleh Allah SWT dari Masjidil Haram (Mekkah) hingga Masjidil Aqsa (Palestina) Lalu dalam Mi’raj Nabi Muhammad SAW “dinaikkan” ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini kemudian beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan sholat lima waktu, demikian Ustadz Riyadi, S.Pd.I saat memberikan Tausiyah dalam acara peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Musholla Al Abror SMPN 1 Pulau Petak pada Kamis pagi (16/2/2022).


Lebih lanjut beliau mengungkapkan bahwa kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan sholat lima waktu sehari semalam. “ Bagi umat Islam, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah sholat lima waktu diwajibkan, dan tidak ada Nabi lain yang mendapat perjalanan sampai ke Sidratul Muntaha seperti ini “ ungkapnya. 

Sementara itu Kepala SMPN 1 Pulau Petak Abriansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa Sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk memperingati, mengenang, dan mengagungkan peristiwa Isra Mi’raj yang teramat bersejarah sepanjang peradaban kehidupan manusia.

“Sangat banyak makna yang terkandung dalam peristiwa tersebut, Isra Mi'raj tidak hanya mengisahkan sekedar perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, dan dari Masjidil Aqsha ke Sidratul Muntaha saja. Lebih dari itu, Allah SWT menunjukkan kekuasaan dan kebesaran -Nya pada kita semua” tambahnya.

Dalam peringatan tersebut dihadiri oleh Pengawas Bina SMPN 1 Pulau Petak Drs. Haris Fadilah, M.Pd dan Kepala KUA Kecamatan Pulau Petak Supiani, S.Ag, Pengurus Komite, Seluruh Staf Dewan Guru dan siswa SMPN 1 Pulau Petak. 

Acara diisi pembacaan ayat suci Al Quran, pembacaan Syair Solawat Habsy dan Syair Manqib Guru Sekumpul dari Perkumpulan Habsy Palingkau Lama.





Dokumentasi Kegiatan (Klik Tonton)